Penerapan Pendekatan STEM (Science, Teknology, Engineering, and Math) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi
Keywords:
STEM, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar, Pembelajaran BiologiAbstract
Pembelajaran dengan pendekatan STEM merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan keempat komponen yakni sains, teknologi, teknik dan matematika dalam satu pengalaman belajar membantu siswa memanfaatkan teknologi dan merangkai menjadi percobaan yang dapat membuktikan konsep sains yang didukung oleh data yang telah dikelola secara matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan pendekatan STEM dalam meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi. Metode yang dilakukan untuk review artikel adalah dengan metode content analysis (menganalisis isi teks). Pencarian data dilakukan dengan menggunakan search engine Google (Google Scholar dan Google Books dengan kata kunci “STEM”, “Sikap Ilmiah”, “Hasil belajar”. Sumber atau referensi yang diperoleh kemudian ditetapkan dengan kriteria ekslusi dan inklusi. Berdasarkan dari hasil literature review dengan mengamati dan menganalisis 25 artikel terkait, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEM memiliki pengaruh yang relevan terhadap hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran Biologi. Hal tersebut dikarenakan dengan menerapkan pendekatan STEM akan menuntut siswa aktif dan mampu bekerjasama dengan tim dalam kelompoknya. Tingginya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran akan mampu meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Dara Maylisa Putri, Lini Mulyani, Misrayatul Husna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any medium