Penerapan Pendekatan STEM (Science, Teknology, Engineering, and Math) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/684

Authors

  • Dara Maylisa Putri Universitas Negeri Padang
  • Lini Mulyani Universitas Negeri Padang
  • Misrayatul Husna Universitas Negeri Padang

Keywords:

STEM, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar, Pembelajaran Biologi

Abstract

Pembelajaran dengan pendekatan STEM merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan keempat komponen yakni sains, teknologi, teknik dan matematika dalam satu pengalaman belajar membantu siswa memanfaatkan teknologi dan merangkai menjadi percobaan yang dapat membuktikan konsep sains yang didukung oleh data yang telah dikelola secara matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan pendekatan STEM dalam meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi. Metode yang dilakukan untuk review artikel adalah dengan metode content analysis (menganalisis isi teks). Pencarian data dilakukan dengan menggunakan search engine Google (Google Scholar dan Google Books dengan kata kunci “STEM”, “Sikap Ilmiah”, “Hasil belajar”. Sumber atau referensi yang diperoleh kemudian ditetapkan dengan kriteria ekslusi dan inklusi. Berdasarkan dari hasil literature review dengan mengamati dan menganalisis 25 artikel terkait, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEM memiliki pengaruh yang relevan terhadap hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran Biologi. Hal tersebut dikarenakan dengan menerapkan pendekatan STEM akan menuntut siswa aktif dan mampu bekerjasama dengan tim dalam kelompoknya. Tingginya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran akan mampu meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa.

Published

2023-09-15

How to Cite

Dara Maylisa Putri, Lini Mulyani, & Misrayatul Husna. (2023). Penerapan Pendekatan STEM (Science, Teknology, Engineering, and Math) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(1), 1129–1138. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/684