Keunggulan Model Pembelajaran Discovery Learning sebagai Inovasi Pembelajaran yang Digunakan Dalam Pembelajaran Biologi di SMA

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/679

Authors

  • Alda Deria Universitas Negeri Padang
  • Fila Dwi Anggriani Universitas Negeri Padang
  • Citra Anggun Anisa Universitas Negeri Padang

Keywords:

Discovery Learning, Inovasi pembelajaran, Pembelajaran Biologi

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu inovasi yang dilakukan tenaga pendidik. Yang digunakan agar pembelajaran bisa tercapai sesuai dengan tujuan yang diinginkan dalam proses pembelajaran, salah satu model pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran Biologi SMA adalah model pembelajaran Discovery Learning. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan model pembelajaran Discovery Learning sebagai inovasi pembelajaran untuk pembelajaran Biologi SMA. Metode pada penelitian ini adalah metode literatur review yaitu menganalisis artikel yang relevan dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan memasukkan kata kunci “discovery learning” dan “inovasi pembelajaran”. Hasil dari penelitian ini memberikan dampak positif dari penggunaan bagi hasil belajar peserta didik, karena model ini memiliki keunggulan yang dapat meningkatkan aktivitas peserta didik, kreativitas peserta didik, meningkatkan literasi peserta didik, memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik karena terlibat secara langsung untuk menemui dan memecahkan permasalahan

Published

2023-09-15

How to Cite

Alda Deria, Fila Dwi Anggriani, & Citra Anggun Anisa. (2023). Keunggulan Model Pembelajaran Discovery Learning sebagai Inovasi Pembelajaran yang Digunakan Dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(1), 1079–1090. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/679