Efek Pemberian Pisang Batu (Musa balbisianae) terhadap Motalitas dan Morfologi Spermatozoa pada Mencit Putih Jantan (Mus musculus)

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/647

Authors

  • Devni Nevita Wati Universitas Negeri Padang
  • Risma Zenita Universitas Negeri Padang
  • Tri Mutia Andini Universitas Negeri Padang
  • Yuni Ahda Universitas Negeri Padang
  • Yusni Atifah Universitas Negeri Padang

Keywords:

Pisang batu, mencit, flavonoid, motilitas sperma, morfologi sperma

Abstract

 

Buah pisang batu kaya akan kalsium yang mampu meningkatkan hormon testosteron.Selain itu, pisang batu juga mengandung vitamin B1, vitamin C, alkaloid, magnesium, dan enzim langka yang disebut Bromelain, yang membantu meningkatkan motilitas spermatozoa. Selain itu pisang batu juga mengandung sejenis senyawa berupa flavonoid. Senyawa flavonoid memiliki aktifitas seperti hormon estrogen yang diduga dapat menekan fungsi hipofisis anterior untuk mensekresikan FSH dan LH. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efek Pemberian Pisang Batu (Musa balbisianae) Terhadap Motalitas dan Morfologi Spermatozoa pada Mencit Putih Jantan (Mus musculus). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dimana dengan melakukan eksprimen atau tindakan maka kita dapat membuktikan kebenaran atau asumsi masyarakat mengenai pengaruh pisang batu yang dapat meningkatkan motilitas dan morfologi spermazoa pada mencit jantan. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Zoologi Departemen Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Pada 14 April 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada motilitas dan bentuk morfologi spermatozoa mencit kelompok perlakuan dan kelompok control. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa pemberian ekstrak pisang batu berpengaruh terhadap motilitas dan bentuk morfologi  spermatozoa mencit putih jantan.

Published

2023-09-15

How to Cite

Devni Nevita Wati, Risma Zenita, Tri Mutia Andini, Yuni Ahda, & Yusni Atifah. (2023). Efek Pemberian Pisang Batu (Musa balbisianae) terhadap Motalitas dan Morfologi Spermatozoa pada Mencit Putih Jantan (Mus musculus) . Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(1), 763–770. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/647

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>