Biodiversitas Populasi Moluska Yang Ada di Pesisir Pulau Mandeh (Biodiversity of Mollusca Populations on The Coast of Mandeh Island)

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/603

Authors

  • Santi Yuliana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Betta Inda Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rian Oktiansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Moluska, Keanekaragaman, Pulau Mandeh

Abstract

Mollusca adalah kelompok hewan yang memiliki keragaman hayati yang tinggi untuk spesies moluska. Mereka mampu beradaptasi dengan berbagai habitat sehingga dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah, baik di lingkungan perairan maupun di daratan. Moluska merupakan hewan bertubuh lunak dan tidak memiliki segmen. Oleh karena itu maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis moluska yang ada di pesisir Pulau Mandeh. Sampel di ambil dari beberapa tempat di kawasan pesisir Pulau Mandeh pada bulan Agustus 2022.  Dari hasil pencarian didapatkan 10 jenis moluska yang ditemukan di pesisir pantai Pulau Mandeh yakni Spisula solidissima, Trachycardium, Tapes sulcarius, Nerita squamulata, Nerita polita, Turbo marmoratus, Conus magus, Littoraria intermedia, Littorina scutulata dan Cypraea clandestine. Komposisi jenis dan Kelimpahan relatif tertinggi pada Stasiun I, II maupun III yaitu spesies Littoraria intermedia mencapai 13 ind dengan KR 0,289%, sedangkan yang paling sedikit adalah jenis Trachycardium, Conus magus dan Turbo marmoratus dengan total individu sebanyak 1 ind dan KR 0,02%.

Published

2023-09-15

How to Cite

Santi Yuliana, Betta Inda Sari, & Rian Oktiansyah. (2023). Biodiversitas Populasi Moluska Yang Ada di Pesisir Pulau Mandeh (Biodiversity of Mollusca Populations on The Coast of Mandeh Island). Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(1), 442–450. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/603