Pengembangan LKPD Biologi Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Problem Based Learning untuk Peserta Didik SMA Kelas X
Keywords:
Biologi, Keanekaragaman Hayati, LKPD, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD Biologi materi Keanekaragaman Hayati berbasis Problem Based Learning untuk peserta didik SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Tessmer yang terdiri dari 2 tahap yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar kuesioner, angket, lembar validasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah LKPD Biologi materi Keanekaragaman Hayati berbasis Problem Based Learning untuk peserta didik SMA kelas X dinyatakan sangat layak menurut ahli bahan ajar, layak menurut ahli perangkat pembelajaran, layak menurut ahli materi, sangat layak menurut ahli bahasa, sangat layak menurut ahli evaluasi, dan sangat layak menurut praktisi.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Binar Azwar Anas Harfian, Etty Nurmala Fadillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ