Pengembangan LKPD Biologi Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Problem Based Learning untuk Peserta Didik SMA Kelas X

Authors

  • Binar Azwar Anas Harfian UIN Raden Fatah Palembang
  • Etty Nurmala Fadillah Universitas Muhammadiyah Palembang

Keywords:

Biologi, Keanekaragaman Hayati, LKPD, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD Biologi materi Keanekaragaman Hayati berbasis Problem Based Learning untuk peserta didik SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Tessmer yang terdiri dari 2 tahap yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar kuesioner, angket, lembar validasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah LKPD Biologi materi Keanekaragaman Hayati berbasis Problem Based Learning untuk peserta didik SMA kelas X dinyatakan sangat layak menurut ahli bahan ajar, layak menurut ahli perangkat pembelajaran, layak menurut ahli materi, sangat layak menurut ahli bahasa, sangat layak menurut ahli evaluasi, dan sangat layak menurut praktisi.

Published

2022-09-15

How to Cite

Binar Azwar Anas Harfian, & Etty Nurmala Fadillah. (2022). Pengembangan LKPD Biologi Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Problem Based Learning untuk Peserta Didik SMA Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(1), 213–222. Retrieved from https://semnas.biologi.fmipa.unp.ac.id/index.php/prosiding/article/view/417