Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/410

Authors

Keywords:

Kolaboratif, Lesson Study, Berpikir Kritis

Abstract

Pembelajaran yang masih didominasi oleh guru menyebabkan keterlibatan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis kritis materi yang diajarkan dapat dilihat dari kemampuan berargumentasi dan kemampuan dalam menjawab soal-soal essay yang rata-rata masih rendah, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai juga menjadi salah satu penyebab kurangnya kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran kolaboratif berbasis Lesson Study yang melibatkan beberapa siswa untuk berdiskusi secara bersama-sama dalam menyelesaikan permasalahan merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemempuan berpikir kritis siswa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah studi pustaka atau studi literatur dari berbagai sumber seperti buku dan artikel ilmiah terkait. Dan ditemukan bahwa, menerapkan pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study secara efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan menerapkan lesson study, pendidik juga dapat menganalisis masalah pembelajaran dan menyelesaikannya dengan solusi terbaik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2022-09-15

How to Cite

Nada Aulia Asri. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(1), 455–462. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/410