Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Keywords:
Kolaboratif, Lesson Study, Berpikir KritisAbstract
Pembelajaran yang masih didominasi oleh guru menyebabkan keterlibatan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis kritis materi yang diajarkan dapat dilihat dari kemampuan berargumentasi dan kemampuan dalam menjawab soal-soal essay yang rata-rata masih rendah, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai juga menjadi salah satu penyebab kurangnya kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran kolaboratif berbasis Lesson Study yang melibatkan beberapa siswa untuk berdiskusi secara bersama-sama dalam menyelesaikan permasalahan merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemempuan berpikir kritis siswa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah studi pustaka atau studi literatur dari berbagai sumber seperti buku dan artikel ilmiah terkait. Dan ditemukan bahwa, menerapkan pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study secara efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan menerapkan lesson study, pendidik juga dapat menganalisis masalah pembelajaran dan menyelesaikannya dengan solusi terbaik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Nada Aulia Asri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) which permits unrestricted non-commercial use, distribution and reproduction in any mediumÂ