Hubungan Pendidikan Seks dengan Perilaku Seksual pada Siswa di SMA Negeri 3 Solok Selatan

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/220

Authors

  • Miftahul Shalsya Aulia Putri Universitas Negeri Padang
  • Nita Anggraini Universitas Negeri Padang
  • Tasya Khairani Universitas Negeri Padang

Abstract

Remaja sebagai generasi muda merupakan aset bangsa yang penting karena pada pundak terletak tanggung jawab kelangsungan hidup bangsa. Masalah remaja saat ini adalah kompleks dan mengkhawatirkan. Hal ini disebabkan masih rendahnya pengetahuan remaja tentang pendidikan seks. Karena keingintahuan remaja yang besar, dalam kondisi dimana informasi dan teknologi komunikasi begitu bebas sehingga remaja mendapatkan informasi yang salah. Lalu itu akan mempengaruhi nilai hidup mereka. Desain penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross-sectional untuk mengetahui hubungan antara pendidikan seks dengan perilaku seksual pada remaja di SMA Negeri 3 Solok Selatan. Berdasarkan hasil uji Chi-Square diperoleh responden dengan nilai baik pendidikan Berdasarkan hasil penelitian diperoleh responden dengan pendidikan baik 88,3%, pendidikan kurang 11,7%, sedangkan perilaku positif 48,7% dan perilaku negatif 51,6%. Remaja berperilaku baik 41,4%, keduanya berperilaku negatif 46,9%, pendidikan kurang 7% positif perilaku, pendidikan kurang 4,7% perilaku negatif. Dari hasil uji statistik dengan Uji Chi-Square didapatkan hubungan pendidikan seks dengan perilaku seksual diperoleh p- nilai = 0,340 tidak berpengaruh terhadap perilaku seksual pada remaja. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada petugas kesehatan di Puskesmas khususnya kesehatan bagian promosi

Published

2022-05-31

How to Cite

Miftahul Shalsya Aulia Putri, Nita Anggraini, & Tasya Khairani. (2022). Hubungan Pendidikan Seks dengan Perilaku Seksual pada Siswa di SMA Negeri 3 Solok Selatan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(2), 1243–1250. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/220

Most read articles by the same author(s)