Budidaya Tanaman Hidroponik Pakcoy Hibrida varietas Samhong Jade F1 (Pakcoy Hybrid Hydroponic Plants Samhong Jade F1 variety)

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/184

Authors

  • Roza Yolanda Universitas Negeri Padang
  • Nia Ramadhanti Universitas Negeri Padang
  • Nurul Pratiwi Universitas Negeri Padang
  • Haqil Triyatdipa Universitas Negeri Padang
  • Wulandari Universitas Negeri Padang
  • Resti Pevria Universitas Negeri Padang

Keywords:

Samhong, hidroponik, pakcoy hibrida, AB Mix

Abstract

Keterbatasan lahan menjadi suatu permasalahan pada pertanian saat ini. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya yaitu dengan budidaya tanaman hidroponik. Hidroponik merupakan budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah, namun menggunakan air sebagai pengganti. Berbagai jenis tanaman dapat dikembangkan melalui sistem hidroponik, salah satunya pakcoy hibrida varietas samhong. Tanaman hidroponik dapat menggunakan media semai seperti rockwool, serabut kelapa, sekam, spons, serbuk gergaji dan lain-lain. Media hidroponik biasanya tidak mengandung unsur hara. Unsur hara makro dalam nutrisi AB Mix sangat berpengaruh dalam pertumbuhan tanaman, terutama unsur hara N dan P. Pemberian nutrisi yang sesuai akan memberikan hasil yang optimal bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Oleh karena itu, kami tertarik untuk mendalami respon pertumbuhan tanaman Pakcoy Hibrida (Brassica sinensis L) varietas Samhong Jade F1. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan pada November 2021 di Rumah Kawat, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Media semai yang digunakan dalam penelitian ini adalah rockwool. Tinggi batang samhong diukur pasca semai, diperoleh tinggi batang merata 0,5 cm.

Published

2022-05-31

How to Cite

Roza Yolanda, Nia Ramadhanti, Nurul Pratiwi, Haqil Triyatdipa, Wulandari, & Resti Pevria. (2022). Budidaya Tanaman Hidroponik Pakcoy Hibrida varietas Samhong Jade F1 (Pakcoy Hybrid Hydroponic Plants Samhong Jade F1 variety). Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(2), 734–742. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/184

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>