Peran Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID 19

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/103

Authors

  • Sinta Melati Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang

Keywords:

Blended Learning, Pandemi COVID 19, Pembelajaran Daring, ICT

Abstract

Blended learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai media dalam cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi secara tepat guna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online, yang melibatkan guru, gambar, video, tugas digital dan diskusi tatap muka. Belajar dengan model blended learning bisa diaplikasikan untuk setiap peserta didik dan dapat diakses kapan dan di mana saja melalui jaringan internet. Model Pembelajaran Blended Learning dianggap sangat efektif karena interaksi guru dan peserta didik tidak terbatas ruang waktu dan mampu mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran terutama pada kondisi pandemi COVID 19 ini. Pada artikel ini, peneliti menggunakan metode studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur yang bersumber dari buku, makalah, jurnal dan sumber lainnya terkait tentang peran model pembelajaran Blended learning dalam mengatasi permasalahan pembelajaran daring (online). Dengan adanya model pembelajaran blended learning di tengah pandemi covid 19 dapat mengatasi permasalahan proses pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Published

2021-09-01

How to Cite

Melati, S. ., Yogica, R. ., & Fitri, R. . (2021). Peran Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 799–803. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/103