Laboratorium Virtual sebagai Langkah Memaksimalkan Skill Keterampilan Siswa

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/102

Authors

  • Putri Ramadhani Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Sa`diatul Fuadiyah Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang

Keywords:

Virtual lab, Eksperimen

Abstract

Pandemic yang sedang berlangsung memberikan keterbatasan dalam melakukan pembelajaran langsung di sekolah. Hal tersebut tentunya akan memberikan pengaruh kepada keterampilan siswa dalam berbagai pembelajaran, salah satunya yaitu dalam pembelajaran berbasis saintific yang banyak menggunakan eksperimen. Pada kondisi normal siswa diberikan edukasi untuk mengembangkan skill keterampilan dalam eksperimen langsung di dalam laboratorium, namun melihat kondisi sekarang ini tidak memungkinkan untuk melakukannya langsung di dalam laboraorium. Dari permasalahan tersebut, untuk mengantisipasi terhambatnya skill keterampilan siswa, dikembangkanlah suatu media pembelajaran yang memberikan edukasi kepada siswa bagaimana sistem pembelajaran eksperimen yang ada di laboratorium secara online dengan menggunakan simulasi dengan menggunakan peralatan seperti pada laboratorium. Virtual laboratium merupakan suatu produk media pembelajaran  yang tercipta dari penggabungan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui artikel ini diharapkan untuk menambah wawasan tentang virtual laboratorium serta  memberikan jalan keluar untuk mengembangkan skill keterampilan siswa dalam eksperimen meskipun dalam kondisi seperti sekarang ini. Pendekatan yang dilakukan untuk mengumpulkan teori yaitu melaui studi literasi melalui berbagai sumber yang terkait. Dimana hasil yang diperoleh memberikan gambaran bahwa virtual lab dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan siswa khususnya dalam eksperimen.

Published

2021-09-01

How to Cite

Ramadhani , P. ., Fuadiyah, S. ., & Yogica, . R. . (2021). Laboratorium Virtual sebagai Langkah Memaksimalkan Skill Keterampilan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 791–798. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/102