Literature Review: Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran Biologi pada Era Digital

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/682

Authors

  • Fuji Dwi Fahma Universitas Negeri Padang
  • Masyithoah Restu Ibunda
  • Multi Asmul Sovia Universitas Negeri Padang

Keywords:

Blended learning, era digital, pembelajaran biologi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana Blended Learning digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran biologi di era digital. Model pembelajaran Blended Learning memadukan pembelajaran daring dengan pembelajaran langsung atau tatap muka di kelas, sehingga memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menyeluruh dan interaktif. Dalam penelitian ini, peneliti membahas strategi dan teknologi yang dapat digunakan dalam implementasi Blended Learning dalam pembelajaran biologi, serta manfaat dan tantangan dari Blended Learning. Selain itu, peneliti juga memberikan saran bagi guru dalam memaksimalkan potensi Blended Learning. Blended Learning memungkinkan para siswa untuk belajar secara mandiri dan fleksibel, serta meningkatkan keterlibatan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Artikel ini memberikan wawasan dan ide-ide baru bagi pendidik dalam mengembangkan strategi dan model pembelajaran yang akan sesuai dengan perkembangan zaman. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka dengan cara mengkaji sejumlah 25 jurnal nasional dan internasional penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini dan juga sudah terindeks SINTA. Pencarian artikel yang terkait dengan penelitian ini dilakukan dengan menelusuri database Google Cendekia dengan kata kunci Blended Learning, alternatif pembelajaran, dan era digital.

Published

2023-09-15

How to Cite

Fuji Dwi Fahma, Masyithoah Restu Ibunda, & Multi Asmul Sovia. (2023). Literature Review: Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran Biologi pada Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(1), 1109–1118. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/682