Analisis Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi: Studi Literatur

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/681

Authors

  • Karinda Rahma Daniswara Universitas Negeri Padang
  • Yohana Universitas Negeri Padang

Keywords:

Problem-Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Pada abad ke 21 seperti sekarang, dunia pendidikan di Indonesia dihadapi dengan masa pengetahuan teknologi dan informasi yang menuntut keterampilan khusus. Menurut paradigma pendidikan abad ke 21, terdapat sejumlah kompetensi keahlian yang diharapkan dimiliki oleh siswa, di antaranya adalah kapasitas untuk pemikiran kritis dan pemecahan masalah, untuk kolaborasi dan komunikasi, untuk penciptaan dan pemutakhiran, untuk literasi teknologi informasi dan komunikasi, untuk pembelajaran kontekstual, dan untuk literasi informasi dan media. Berpikir kritis merupakan salah satu dari enam keterampilan yang perlu dimiliki siswa. Tujuan artikel ini adalah untuk mengevaluasi implementasi model PBL dan mengidentifikasi bagaimana pengaruhnya terhadap kebiasaan berpikir kritis siswa. Sebuah tinjauan literatur menjabat sebagai metodologi penelitian. Dengan membandingkan kelas eksperimen dengan kelas kontrol, temuan penelitian menunjukkan peningkatan kinerja siswa.

Published

2023-09-15

How to Cite

Karinda Rahma Daniswara, & Yohana. (2023). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi: Studi Literatur. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(1), 1100–1108. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/681