Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Daring Biologi di SMAN 3 Kota Tangerang Selatan

https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/391

Authors

  • Vieri Sahizinda Tuhulaula UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ahmad Sofyan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Dina Rahma Fadlilah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Keywords:

Auditorial, Hasil Belajar, Kinestetik, dan Visual.

Abstract

Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap berbagai aspek, salah satunya pendidikan. Pendidikan di masa pandemi covid-19 seperti saat ini menjadi tantangan guna memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama masa darurat covid-19. Penerapan kebijakan Pembelajaran daring yang diterbitkan oleh kemendikbud menjadi tantangan tersendiri dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah. Proses pembelajaran daring ini akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, hal tersebut yang melatar belakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar daring biologi peserta didik. Metode penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif komparasional dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di SMAN 3 Kota Tangerang Selatan. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 127 peserta didik yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitiain ini yaitu instrumen non-tes berupa kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas yang menunjukkan nilai sig. > α (0,05) yang menyatakan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, sehingga analisis data penelitian ini menggunakan statistik parametrik dengan Uji Anova dan dilanjut dengan uji Least Significant Difference (LSD). Hasil Uji Anova pada α=0,05 menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan Fhitung 7,076 > Ftabel 3,07, maka H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar dari biologi peserta didik di SMAN 3 Kota Tangerang Selatan. Maka dari itu penelitian ini diharapkan peserta didik dapat mengenali gaya belajarnya, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien guna meningkatkan hasil belajar.

Published

2022-09-15

How to Cite

Vieri Sahizinda Tuhulaula, Ahmad Sofyan, & Dina Rahma Fadlilah. (2022). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Daring Biologi di SMAN 3 Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(1), 262–272. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol2/391